Rabu, 28 Februari 2024

Eksistensi dan Peranan Mangrove Bagi Keberlangsungan Hidup

Mengapa Hutan Mangrove Penting Bagi Kehidupan?

Ada beberapa topik pembahasan mengenai Pohon Mangrove pada artikel kali ini. Silakan disimak sampai akhir.


Baca Artikel Lifestyle Baca Artikel Lingkungan

Pengertian

Pohon Mangrove Itu Pohon Apa?

Belakangan ini gerakan penananaman Mangrove sudah mulai dijalankan secara massive. Baik dari kalangan pecinta lingkungan, pegawai perusahaan hingga tingkat sekolah.

Bahkan, eksistensi Mangrove saat ini sudah mulai diperkenalkan sejak Sekolah Dasar. Artikel ini sebagian besar mengambil materi dari bahan ajar Pembelajaran Ekosistem Mangrove Tingkat SD.

Alasan mendasar mengenalkan Mangrove pada anak-anak SD, sebab Mangrove memiliki peranan penting dalam aspek ekologi, biologi dan ekonomi.

Mangrove sendiri tersebar di banyak wilayah termasuk Indonesia, namun sayangnya eksistensi Mangrove terancam akibat eksploitasi oleh manusia yang akhirnya mengakibatkan kerusakan.

Gentingnya kondisi saat ini ditambah kebutuhan akan Mangrove untuk mencegah perubahan iklim dan kerusakan yang lebih besar lagi. Lahirlah gerakan pelestarian Mangrove secara berkelanjutan.

Kampanye peduli lingkungan hingga program restorasi dan konservasi Mangrove mulai gencar digalakkan. Begitupula kampanye dalam bentuk edukasi juga sudah masuk sebagai pelajaran wajib bagi siswa dan siswi Sekolah Dasar.

Lantas apa dan bagaimana pohon Mangrove itu?

keyword gambar

Apa Itu Pohon Mangrove ? Bagaimana Ciri Mangrove Itu?

Mangrove merupakan tanaman yang hidup di antara laut dan daratan, dimana tempat tersebut harus dilewati oleh pasang surut. Tempat yang menjadi pencampuran antara air laut dan air tawar.

Ada dua jenis Mangrove yang perlu diketahui yaitu, Mangrove Sejati yang hanya bisa tumbuh di lingkungan tempat pasang surut air laut dan Mangrove Ikutan yang tumbuh di luar lingkungan pasang surut.

Varietas Mangrove ini sangat banyak, di Indonesia sendiri terdapat sekitar 202 jenis Mangrove. Yang paling banyak ditemui adalah Mangrove jenis api-api, bakau, tancang, dan pedada.

keyword

Kehadiran Mangrove di bumi ini ternyata bukan hanya sekadar menjadi makhluk hidup saja. Tapi, tanaman ini memegang peranan yang sangat penting. Apa saja fungsi dari Mangrove?

Fungsi Hutan Mangrove Bagi Kehidupan Makhluk Hidup

  • Tempat Tinggal Ternyaman

    Jika berkunjung ke hutan Mangrove. Akan banyak ditemui beberapa hewan yang menjadikan lokasi Mangrove tumbuh sebagai habitat dan tempat tinggal beberapa hewan. Seperti burung bangau, kerang, kepiting hingga kelomang.
  • Pencegah Abrasi

    Habitat Mangrove yang berada di pesisir pantai juga berperan sebagai pencegah Abrasi pantai. Selain itu, Mangrove juga merupakan tanaman yang mencetah gelombang ombak langsung mengenai daratan.
  • Rumah Bagi Ikan

    Tak hanya itu, tempat tumbuhnya tanaman Mangrove sering dijadikan rumah bagi ikan yang jenisnya cukup langka. Mereka banyak hidup dan tinggal di bawah akar Mangrove.
  • Tempat Bertelur

    Akar Mangrove yang kuat untuk menahan gerakan arus pasang surut. Sering dijadikan tempat ikan menyimpan telur mereka dari ikan pemangsa.
  • Sumber Makanan

    Tanaman Mangrove juga menjadi sumber makanan bagi ikan dan hewan tulang belakang lainnya.
  • Banyak Jenis Burung

    Tak hanya bagi para ikan dan hewan tulang belakang lainnya. Hutan Mangrove juga merupakan rumah yang nyaman bagi banyak jenis burung.
  • Habitat Burung Langka

    Lingkungan Mangrove yang tenang dan penuh sumber makanan merupakan habitat yang nyaman bagi burung. Banyak burung membuat sarang di atas ranting pohon Mangrove, bertelur di dahannya hingga istirahat dan tidur.
  • Bermanfaat Bagi Manusia

    Begitu besar manfaat yang diberikan Mangrove bagi makhluk sekitarnya. Demikian pula peranan Mangrove yang cukup besar bagi manusia di bumi ini.
keyword

Peranan Mangrove Bagi Kehidupan di Bumi

Hutan Mangrove memiliki peranan besar dalam menyerap polusi yang berasal dari aktivitas manusia. Perubahan iklim yang sudah terjadi saat ini saja akibat dari kerusakan hutan Mangrove di beberapa wilayah. Sehingga terjadi penumpukan karbon di atmosfer bumi.

Krisis iklim yang terjadi mengakibatkan suhu bumi meningkat. Perubahan iklim yang tak lagi sesuai. Efek pemanasan global yang mengakibatkan banyak terjadi bencana hingga gagal panen.

Solusinya cukup dengan restorasi dan konservasi Mangrove dengan serius. Sebab, hutan Mangrove mampu menyerap gas karbon secara maksimal. Akar napas dan daun Mangrove mampu menyerap karbon lebih banyak dari tanaman jenis lain.

Karbon yang diserap tidak akan sia-sia sebab oleh pohon Mangrove, karbon tersebut akan dijadikan karbon organik melalui proses fontosintetis.

Setelah berubah menjadi karbon organik, kemudian akan disalurkan untuk lingkungan sekitar Mangrove. Karbon organik terbukti mampu menjaga kualitas perairan dan sebagai sumber penyubur tanaman di sekitar.

Ketika gas karbon sudah terserap dengan baik. Maka beban atmosfer dalam menyimpan karbon pun berkurang. Dampaknya tentu bisa mengurangi laju krisis iklim dan pemanasan global.

Selain memiliki peranan penting dalam menjaga lingkungan, Mangrove juga memiliki manfaat lain bagi manusia.

Dampak Perubahan Iklim

Mangrove Juga Bermanfaat Bagi Manusia

Selain pohon pisang yang konon merupakan tumbuhan yang semua bagiannya bermanfaat. Mangrove juga ternyata sama, semua bagian Mangrove bisa dimanfaatkan dan tidak ada yang menjadi sampah.

Dedaunan Mangrove yang jatuh menjadi sumber makanan bagi biota laut. Juga sebagai penyubur bagi tanah sekitarnya. Tak hanya itu Mangrove juga banyak dimanfaatkan oleh manusia.

keyword

1. Pemanfaatan Mangrove Sebagai Bahan Makanan dan Minuman

Buah Mangrove yang juga sering dijadikan makanan bagi satwa yang hidup di sekitar hutan Mangrove. Juga bisa dijadikan sumber karbohidrat bagi manusia. Kandungan karbohidratnya yang tinggi, bisa dijadikan sumber panganan lokal. Bahkan, di tahun 1963 - 1965 buah Mangrove dijadikan makanan pokok pengganti nasi saat terjadi krisis pangan.

Buah Mangrove yang juga sering dijadikan makanan bagi satwa yang hidup di sekitar hutan Mangrove. Juga bisa dijadikan sumber karbohidrat bagi manusia. Kandungan karbohidratnya yang tinggi, bisa dijadikan sumber panganan lokal. Bahkan, di tahun 1963 - 1965 buah Mangrove dijadikan makanan pokok pengganti nasi saat terjadi krisis pangan.


2. Bahan Pewarna Organik Ramah Lingkungan

Hampir semua bagian Mangrove mulai dari daun, buah, batang hingga akarnya bisa dijadikan bahan pewarna alami. Bahkan, saat ini sudah banyak digunakan untuk bahan pewarna alami dan pewarna batik.

Bahan pewarna dari Mangrove ini tentunya ramah lingkungan dan tidak merusak ekosistem alam. Saat ini masyarakat sudah mulai sadar untuk menjaga keseimbangan alam dan beralih menggunakan bahan pewarna yang ramah lingkungan.

keyword

keyword

3. Dijadikan Bahan Obat-obatan Alami

Belakangan ini juga masyarakat pesisir menemukan fakta bahwa kandungan kimia dalam tumbuhan Mangrove bisa diajadikan bahan tradisional obat-obatan. Mulai dari obat untuk Asma, diabetes, rematik, infeksi telinga hingga sebagai antitumor yang bagus untuk tubuh. Obat-obatan alamiah ini sudah digunakan sebagai alternatif pengobatan bagi masyarakat setempat.


4.Bisa Dijadikan Bahan Bakar dan Furniture

Manfaat ekonomis lainnya dari tanaman Mangrove ini adalah bisa dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, furniture dan juga bahan bakar. Kayu dari tanaman Mangrove bisa dijadikan kayu bakar dan arang yang menjadi alternatif bahan bakar untuk industri. Terlebih ketika wacana penggunaan energi terbarukan saat ini, seharusnya pemanfaatan tanaman Mangrove bisa lebih dimaksimalkan lagi.

keyword

Tidak perlu disangkal lagi kalau tanaman Mangrove juga memiliki manfaat di semua bagiannya. Tidak terkecuali bahkan pada akarnya. Sama seperti tanaman pisang, tanaman Mangrove yang peranannya bahkan bisa mencegah laju perubahan iklim, seharusnya dilestarikan dan dijaga. Lantas bagaimana cara masyarakat yang jauh dari hutan Mangrove untuk ikut dalam gerakan menjaga Hutan Mangrove?

landing page blogspot

Cara Tepat Ikut Melindungi dan Melestarikan Mangrove

1.Menerapkan tebang pilih pohon Mangrove untuk mencegah penebangan secara menyeluruh
2.Penanaman kembali tanaman Mangrove di berbagai wilayah
3.Pembentukan tim konservasi khusus untuk memelihara dan menjaga tanaman Mangrove yang mendapat perlindungan dari pemerintah sehingga mampu meminimalisir pencegahan eksploitasi dari pihak lain
4.Menerapkan sistim sisip dengan menanam tanaman Mangrove di sebelah tanaman yang sudah tua atau yang sudah mati
5.Pengelolaan Mangrove yang rapi dengan sistem tebang tanam
6.Menyebarkan edukasi dan pelatihan terkait pelestarian Mangrove ke seluruh lapisan masyarakat

Seperti edukasi yang disebarkan berbentuk materi pelajaran untuk Sekolah Dasar ini. Merupakan salah satu gerakan pelatihan terkait pengenalan dan pelestarian Mangrove. Sebab, bagaimana bisa menjaga dan melestarikan Mangrove kalau banyak masyarakat yang bahkan masih belum mengenal tanaman ini.

Jadi, mari digiatkan kembali pengenalan Mangrove dan cara pelestarian hingga pelatihan pelestarian Mangrove untuk masyarakat awam. Baik yang dekat dengan hutan Mangrove maupun yang berada jauh dari hutan Mangrove.

Karena dengan mengenalnya, maka bisa jadi akan bisa menyayanginya.

Sumber : Buku Pembelajaran Ekosistem Mangrove Tingkat SD, Terbitan Selat Media Patners, Cetakan November 2023, E-ISBN : 9786238486151

Postingan Terkait