Selasa, 14 November 2023

Program Digitalisasi Bank Rakyat Indonesia Untuk UMKM

umkm indonesia

UMKM Indonesia


UMKM di Indonesia merupakan roda penggerak yang paling sering dijadikan primadona. Sebab, faktor ekonomi yang lebih besar dengan banyaknya menyerap tenaga kerja. Sehingga, menjadikan UMKM sasaran utama pengembangan usaha dalam bentuk digitalisasi.

Salah satu alasannya adalah agar UMKM mampu bersaing secara sehat dan membuka peluang lebih luas untuk pasar internasional. Tidak diragukan lagi, UMKM Indonesia memang sudah banyak yang memasuki pasar luar negeri. Namun, digitalisasi usaha inilah inovasi yang sudah harus bisa diadaptasi dalam UMKM.


64 Juta

UMKM Indonesia

8,71 Juta

Terdaftar OSS

21 juta

UMKM Go Digital

umkm bri indonesia

Program Digitalisasi UMKM Untuk Memudahkan Pemasaran


Masih ingat polemik pedagang di Tanah Abang

yang melakukan demo dan meminta pemerintah untuk menurunkan semua wadah digital di Indonesia dengan alasan usaha mereka menurun semenjak semua serba online?


Baiklah, ini adalah salah satu contoh dimana UMKM dan kehidupan serba digital harus mau berjalan beriringan. Saat ini, dimana semua serba digital. Tidak bisa lagi menuntut pemerintah untuk memberhentikan kehidupan digitalisasi. Sebab, kehidupan ini sudah menjadi bagian dari siklus hidup manusia modern.


Agar tidak tertinggal di era digitalisasi. Ada baiknya UMKM mengikuti program-program yang banyak diadakan baik oleh pemerintah, swasta maupun mandiri. Berupa upaya untuk menerapkan digitalisasi pada usaha menengah, kecil dan mikro.


Program digitalisasi ini biasanya meliputi cara membangun jejaring melalui online. Kemudian, bagaimana cara mengemas tampilan produk berupa gambar maupun video agar lebih menarik saat dipromosikan. Hingga, cara mengoptimalkan kanal sosial maupun website untuk dijadikan alat atau wadah promosi.

Agar Foto Tampak Profesional
umkm


Mengapa Harus Mau Ikut Digitalisasi Bagi UMKM?

Tentunya, karena kehidupan digital ini sudah menjadi bagian siklus hidup manusia saat ini. Jika UMKM tidak mau ikut dalam bagian digitalisasi. Tentu akan sulit bersaing dengan usaha lain. Terutama, akan sangat disayangkan jika nantinya, produk yang masuk melalui proses digital ini, lebih banyak berasal dari produk luar negeri.

Kondisi ini sangat meresahkan dan akan membuat roda ekonomi di Indonesia akan mundur. Dan menyebabkan tingkat pengangguran semakin tinggi. Oleh karena itu, diharapkan UMKM dari semua bidang, baik makanan, minuman, pakaian hingga produk lainnya mau menerapkan proses digital untuk usahanya. Bukan saja sebagai wadah promosi tapi juga sebagai tempat untuk melakukan jual beli secara virtual.


Teknologi di Kehidupan Manusia


BRI Dukung Program Digitalisasi UMKM

Bank merupakan salah satu bagian dari bagian digital berupa penyedia transaksi virtual secara online yang terpercaya. Karena itu, sebagai alat digital, PT. Bank Rakyat Indonesia mengoptimalkan beragam cara untuk membantu UMKM di Indonesia mampu memaksimalkan potensinya secara online.

Ada beberapa program Digitalisasi BRI yang sudah berjalan dan menjadi pendukung bagi putaran ekonomi UMKM ini. Beberapa programnya seperti :


01

Dukung UMKM Melalui Digital Payment

Bank Rakyat Indonesia yang sudah memiliki jaringan luas dan tersebar ke seluruh pelosok Indonesia. Menyediakan fasilitas bagi pedagang yang memiliki usaha berupa warung atau toko. Dengan menyediakan layanan pembayaran digital.

Dengan pembayaran melalui digital ini, diharapkan akan mempermudah proses jual beli. Juga meminimalisir resiko kerugian berupa dana yang tidak tercatat. Dan menjadi lebih efisien sehingga penjual tak perlu menyiapkan kembalian.


02

Dukungan Pembiayaan Usaha Secara Online

Jika dahulu untuk melakukan pengajuan pinjaman usaha harus mengantri terlebih dahulu di bank. Sambil membawa beberapa persyaratan seperti KTP hingga KK. Saat ini, melalui program digitalisasi, BRI berupaya mempermudah UMKM agar bisa mengajukan pembiayaan usaha secara online.

UMKM yang ingin mengajukan pinjaman usaha, bisa langsung membukanya melalui website kur.bri.co.id. Nanti akan diminta untuk mengisi data yang diperlukan sebelum pengajuan. Syarat usaha yang bisa diajukan merupakan usaha produktif yang masih aktif minimal 6 bulan.


03

Dukungan Berupa Marketplace Khusus UMKM

Penyediaan sarana untuk berjualan yang recommended juga dilakukan oleh BRI sebagai Pahlawan UMKM. Dengan membuat platform khusus yaitu pasar.id dan PARI (PAsar Rakyat Indonesia) yang bisa diakses oleh seluruh pelaku usaha secara gratis. Dan memberikan kemudahan dalam transaksi jual beli secara digital.


04

Dukungan Berupa Sarana Pelatihan UMKM

Dukungan inilah yang juga sangat dibutuhkan oleh UMKM. Yaitu berupa pelatihan dasar untuk pengembangan produk dan peningkatan produksi melalui pemasaran digital. Dengan menyediakan platform digital di linkumkm.id, BRI untuk Indonesia memberikan fasilitas pelatihan untuk UMKM. Baik untuk asesmen naik kelas. Maupun modul perencanaan keuangan. Semua sudah tersedia dan bisa digunakan untuk semua pelaku usaha. Tersedia banyak program yang bisa diikuti sesuai dengan kebutuhan para pelaku usaha.

bri indonesia

Penutup

Di era digital saat ini, persaingan yang semakin ketat justru membuat banyak pihak diharuskan untuk bisa kolaborasi dengan semua pihak. Seperti kolaborasi tepat antara UMKM dengan Bank BRI yang menjadi simbiosis mutualisme untuk menggerakkan roda perekonomian di Indonesia.

Tidak ada yang lebih diuntungkan dari kolaborasi ini. Karena, keduanya sama-sama untung. Untung bagi UMKM sebab memiliki banyak kemudahan dalam digitalisasi usahanya baik itu layanan pembayaran digital, pengajuan usaha online hingga platform digital khusus usaha.

Bagi pelaku usaha, silakan bergabung sebagai UMKM binaan BRI agar bisa mendapat banyak ilmu untuk meningkatkan usahanya menjadi lebih baik.

Postingan Terkait