Sabtu, 26 Agustus 2023

Cara Melindungi Hutan Indonesia



Blogger Bekasi

JAGA HUTAN KITA UNTUK MASA DEPAN

Ada satu fakta yang harus diketahui oleh teman-teman. Satu pohon yang ada di dalam hutan, bisa mencukupi kebutuhan oksigen untuk 18 orang. Berarti jika di dalam sebuah hutan terdapat sekitar 474.300 pohon, berarti bisa untuk memenuhi oksigen bagi 7,5 juta jiwa manusia di sekitarnya.

Hutan juga menjadi wilayah penghasil air yang ditampung di sebuah lahan yang dikenal sebagai lahan gambut. Lahan ini terdapat di dalam hutan dan terbuat dari tumpukan organik yang berasal dari hutan. Baik itu dari batang pohon, dedaunan dan semua sumber organik. Lahan gambut ini berbentuk spons yang berfungsi sebagai penyimpan cadangan air untuk dilepaskan selama musim kemarau.

Sayangnya, semakin berkurangnya hutan juga lahan yang ada saat ini. Justru menjadi penyebab kemarau berkepanjangan, banyak wilayah yang kekurangan air, cuaca ekstrim bahkan perubahan iklim yang semakin buruk terjadi. Lantas, sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, apa yang bisa kita lakukan agar hutan di Indonesia tidak semakin rusak, iklim tidak semakin parah dan cadangan air tidak berkurang bahkan oksigen tidak berkurang jumlah maupun kualitasnya.


Inilah Langkah Sederhana Yang Bisa Kita Lakukan Demi Menjaga Hutan


Pertama, menjadi masyarakat yang aktif dalam menjaga hutan
Kedua, lakukan kegiatan sederhana setiap hari yang ramah lingkungan
Ketiga, ikut aksi #BersamaBergerakBerdaya #UntukmuBumiku

Jaga Hutan Dengan Menjadi Masyarakat Aktif

MENJADI AKTIF BAGAIMANA CARANYA? Menjadi masyarakat aktif yaitu dengan ikut serta dalam kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan hidup. Baik itu ikut menyuarakan, ikut mendukung, ikut mengelola, ikut menjaga saat beraktivitas di sekitar lingkungan hutan.

AKTIF

Dengan mendukung kegiatan lembaga non pemerintah seperti pengumpulan bibit, penanaman pohon di hutan, juga ikut menjaga dengan mengurangi penggunaan produk yang bahan dasarnya dari hutan.

.

IKUT SERTA

  • Dengan membantu membagikan informasi terkait kegiatan menjaga lingkungan. Seperti kegiatan pengolahan sampah, kegiatan penanaman pohon hingga kegiatan dalam bentuk partisipasi digital berupa petisi online yang dibagikan dari sumber yang kredibel.
  • Dengan follow akun-akun seperti @hutanituid @pantaugambut maupun akun @Walhi untuk mendapatkan informasi yang terpercaya tentang hutan dan lingkungan.
  • Dengan ikut program menanam pohon di hutan melalui program yang disediakan. Entah berupa sedekah hutan ataupun donasi ke tempat penyedia yang terpercaya seperti akun-akun yang ada di atas atau bisa ikut donasi di Teamupforimpact.org.

LAKUKAN HAL SEDERHANA YANG RAMAH LINGKUNGAN

Meskipun tempat kita beraktivitas saat ini tidak berdekatan apalagi berhubungan langsung dengan hutan. Tapi, manfaat hutan masih bisa kita rasakan. Selain oksigen yang kita terima, karbon yang dihisap oleh hutan hingga air yang masih cukup kita gunakan dan nikmati. Semua ini berasal dari hutan. Belum makanan-makanan yang bersumber dari hutan. Karena itu, ada beberapa cara lain yang bisa kita lakukan untuk menjaga hutan dengan melakukan hal sederhana yang ramah lingkungan.

keyword

Kurangi Penggunaan Tisu
keyword

Bawa Bekal
keyword

Kurangi Sampah
keyword

Bawa Botol Minum
keyword

Donasi Pohon
keyword

Gabung Aksi Lokal

Gabung Aksi Lokal #BersamaBergerakBerdaya #UntukmuBumiku

PENGOLAHAN SAMPAH

Bergabung bersama komunitas atau kegiatan di RT maupun RW dalam program pemanfaatan sampah yang masih bisa didaur ulang.

KUMPULIN SAMPAH

Bergabung seperti aksi yang dilakukan Pandawara Grup, bersama teman-teman lain membersihkan area yang terdapat sampah bukan pada tempatnya.

DONASI BARANG

Barang-barang yang ada di rumah dan masih bagus kondisinya, bisa juga didonasikan ke yayasan setempat biar tetap bisa bermanfaat.

INI YANG TERJADI SAAT BUMI TERLINDUNGI DENGAN BAIK

Kebutuhan Air Cukup

keyword

Nutrisi Tercukupi

keyword

Flora Fauna Terjaga

keyword

Udara Bebas Polusi

keyword

Iklim Terjaga

keyword

Hutan Tidak Punah

keyword

Yuk #BersamaBergerakBerdaya menjaga hutan!

Postingan Terkait