Rabu, 29 Maret 2023

Teknologi Dari Masa ke Masa Untuk Permudah Kehidupan Manusia

Perkembangan teknologi yang dibuat untuk memberi kemudahan bagi manusia telah mengalami kemajuan yang signifikan. Sebelum teknologi seperti saat ini, pada manusia tradisional atau meminjam istilah manusia purba. Teknologi ditemukan dalam bentuk penemuan-penemuan alat yang bisa digunakan untuk merekam jejak literasi atau penyampaian informasi.

Sesuai dengan arti menurut KBBI, teknologi merupakan metode ilmiah yang digunakan untuk mencapai tujuan praktis serta penerapan ilmu pengetahuan. Serta, sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi keberlangsungan juga kenyamanan hidup manusia.

Teknologi pertama yang ditemukan manusia purba adalah alat yang digunakan untuk merekam informasi pada masa itu yang tertulis dalam bentuk simbol di dinding-dinding bebatuan. Inilah pertama kali dalam sejarah, manusia mengenal literasi atau media yang merekam informasi untuk menjadi sumber bagi kehidupan di masa depan.

smart gadget


Sejarah Penemuan Teknologi Dari Masa ke Masa Untuk Kemudahan Hidup Manusia

Sebelum memulai, sebenarnya penemuan teknologi dalam kehidupan manusia memang bukan tulisan. Tentunya pertama kali ditemukan adalah alat yang digunakan manusia nomaden untuk berburu demi keberlangsungan hidup mereka. 

Namun, penemuan tulisan merupakan penemuan yang sangat bermanfaat dan menjadi ciri sebuah peradaban dimulai. Sebab, tulisan merupakan cara menyampaikan informasi dari seseorang ke orang lain. Informasi ini tentunya bisa digunakan untuk banyak hal baik untuk komunikasi maupun penyampaian pesan. Dan hasil dari tulisan inilah yang bisa menjadi wawasan berguna bagi manusia masa kini untuk mengetahui kejadian atau kehidupan seperti apa yang dijalani manusia pada masa dahulu kala.

Pertama Kali Tulisan Ditemukan

Berdasarkan informasi dari Kompas.com, bahwa tulisan pertama kali ditemukan sekitar tahun 3.500-3.000 SM oleh bangsa Sumeria. Tulisan ini digunakan untuk alat komunikasi jarak jauh dalam bidang perdagangan.

Bentuk tulisannya berupa sistem ideografik dan simbol mnemonik. Dan zaman di era ini disebut zaman aksara dimana manusia mulai mencari cara untuk menyampaikan informasi maupun untuk berkomunikasi menggunakan tulisan. Dari zaman inilah, peradaban manusia mulai berkembang dan proses kemajuannya tercatat sebagai informasi yang berguna hingga saat ini.


Perkembangan Teknologi Setelah Pertama Ditemukan

Teknologi mulai berkembang penemuan berupa alat tulis dan buku sebagai media untuk menyimpan informasi sudah ada. Bukti perkembangan literasi ini didapat dari penemuan buku-buku karya penulis ternama sampai buku catatan perbankan dan lainnya yang digunakan untuk mencatat beragam informasi dan komunikasi pada masa dahulu.

Perkembangan teknologi literasi ini bahkan masih bisa dibaca hingga sekarang. Salah satunya yaitu penemuan tulisan milik Shakespeare hingga Jane Austen yang awal mulanya ditulis dalam bentuk buku. Beberapa tahun kemudian setelah penemuan alat tulis dan buku, teknologi berupa mesin tik ditemukan. Dan saat itulah penyampaian informasi hingga penyebarannya semakin mudah. Dan kehadiran mesin tik ini juga yang membuat penyampaian berita di media cetak mulai marak.


Penemuan Komputer Dalam Hidup Manusia

Setelah mesin tik, kemudian seorang matematikawan jenius dari Inggris mulai mengembangkan teknologi dengan menemukan komputer untuk pertama kalinya. Di sini komputer masih tahap pengembangan dan masih berupa coding biner yang terdiri dari angka.

Sejak penemuan pertama kali komputer, saat itulah terjadi perubahan besar dalam pola pikir manusia hingga ditemukan komputer generasi berikutnya sampai mudah digunakan oleh manusia. Bahkan, perkembangan serta inovasi komputer sejalan dengan penemuan jaringan yang mampu menyebarkan informasi dengan cepat bernama internet.


Penemuan Teknologi Digital

Penemuan komputer dan internet yang berjalan beriringan membuat perubahan dalam kehidupan dan kebiasaan manusia menjadi lebih berbeda. Selain digunakan untuk mengirimkan informasi, ternyata teknologi yang dibantu jaringan internet menjadikan manusia mampu berkomunikasi secara digital sehingga aktivitas online ini menjadi sarana yang mempermudah bertukar informasi secara realtime.


Perkembangan Aplikasi Digital

Kebutuhan akan komunikasi digital yang semakin meningkat. Membuat manusia mulai berinovasi menciptakan email sampai aplikasi messenger yang tujuannya adalah mempermudah pengiriman informasi dan komunikasi real time menjadikan jarak pemisah ribuan kilometer hingga perbedaan benua, negara dan zona waktu menjadi tak berarti.

Jika diingat kembali, aplikasi messenger ini menjadikan manusia bisa berkenalan dengan semua orang dari negara lain di seluruh dunia. Sebut saja aplikasi seperti Yahoo Messenger sampai MIRC yang mempermudah manusia mendapatkan teman dari seluruh indonesia hingga mancanegara tanpa harus bertukar surat ala sahabat pena.


Teknologi Smart Gadget

Penggunaan aplikasi pengirim pesan secara real time semakin dibutuhkan sehingga mendesak manusia untuk berinovasi menciptakan gawai yang mudah dibawa kemana saja dan juga mempermudah manusia bisa berkirim pesan, informasi, data atau informasi apapun secara mudah dari mana saja.

Di era perkembangan teknologi menjadi serba digital inilah yang membuat sosial media hingga aktivitas sosial seperti berbelanja bisa dilakukan dari rumah dengan hanya menggunakan smart gadget yang bentuknya hanya sebesar ukuran tangan saja. Dan era inilah yang kemudian menjadi era yang memberi kemudahan secara menyeluruh bagi kehidupan manusia sehari-hari.



artificial inteligent


Teknologi Kecerdasan System

Dari kebutuhan manusia akan teknologi berupa smart gadget dan jaringan untuk kegiatan online. Membuat teknologi semakin berkembang hingga mencapai di era kecerdasan system. Dimana terciptanya sebuah sistem kecerdasan buatan yang memiliki kemampuan beraktivitas seperti manusia. Aktivitas tersebut seperti menulis, mencari informasi, melakukan transaksi sosial secara online hingga nantinya akan mampu menjadi pemberi pendapat dan keputusan bagi manusia.

Kecerdasan buatan ini sebenarnya sudah meresahkan sejak pertama kali dicetuskan dalam bentuk ide pada masa lalu. Sudah banyak film-film yang mengangkat tema tentang kecerdasan buatan yang menggeser aktivitas serta eksistensi manusia dalam kehidupan. Semua film tersebut menyajikan plus dan minus kehadiran kecerdasan buatan.

Ketakutan Manusia Akan Kecerdasan Manusia

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa eksistensi manusia dapat bergeser sehingga tak lagi dibutuhkan jika kebutuhan akan teknologi seperti kecerdasan buatan ini menjadi lebih dominan. Karena itu, penemu kecerdasan buatan banyak memberikan pertimbangan mengenai tujuan dari kehadiran kecerdasan buatan ini.

Mereka memfokuskan kecerdasan buatan yang bisa digunakan untuk mempermudah bukan untuk mendominasi aktivitas manusia. Sehingga, kendali kecerdasan ini masih tetap berada di tangan manusia. Sebab, walaupun teknologi kecerdasan buatan sangat canggih, tapi tetap tidak bisa menggantikan insting manusia dalam mempertimbangan sesuatu dan menentukan keputusan yang berasal dari hasil pemikiran disertai empati dan simpati yang tidak bisa didapat dari kecerdasan buatan.

Meski saat ini kecerdasan buatan sedang banyak mengkhawatirkan manusia. Tapi, tak perlu khawatir sebab kecerdasan manusia lebih kompleks. Kecerdasan manusia bersumber dari banyak hal seperti informasi yang didapat, pengalaman, empati, simpati hingga pemahaman yang sudah terpupuk bertahun-tahun dalam kehidupan.


Postingan Terkait