Selasa, 08 November 2022

4 Tips Agar Fotomu Tampak Profesional

foto profesional


Setelah mengambil foto berkali-kali, hasil yang tampak sering membuat Anda merasa tidak puas? Padahal Anda ingin sekali merekam momen yang langka dalam bidikan kamera dengan hasil yang minimal setara dengan apa yang Anda lihat atau justru menjadi WOW untuk kenangan Anda. Tapi, ternyata hasilnya tidak sepadan. Apa yang salah?

Sebelum memulai kembali memoto beberapa hal, coba perhatikan apa saja yang dapat memengaruhi hasil bagus atau tidaknya foto yang Anda ambil.

Tips dan Triks Agar Foto Bisa Tampak Keren Dan Profesional


1. Pertama Pikirkan Cahaya Terlebih Dahulu


Alih-alih memikirkan lokasi, sebaiknya Anda mempersiapkan diri untuk mencari sumber cahaya yang baik. Setelah mendapat sumber cahaya yang nantinya akan membuat foto Anda maksimal, barulah Anda menentukan lokasinya kemudian tema apa yang ingin Anda abadikan dalam foto.


2. Gunakan Aperture Dengan Bijaksana


Jangan terlalu memaksa untuk memperbesar atau mengecilkan nilai aperture, cobalah untuk mempelajari segitiga cahaya dalam penggunaan kamera. Ini untuk menjaga keseimbangan foto agar tampak lebih natural. Ingat, selain aperture yang harus Anda perhatikan juga adalah ISO dan Shutter Speed.

Usahakan agar semuanya bisa seimbang nilainya agar tidak terlalu memperbesar ISO atau Shutter atau bahkan Aperture.


3. Lihat Sekeliling Anda


Alih-alih terlalu monoton dengan ide yang ada di kepala, kenapa Anda tidak mengeksplorasi sekitar? Bisa jadi banyak hal yang dapat Anda gunakan sebagai objek dan latar pada foto dengan hasil yang maksimal. Ada baiknya untuk sadar dengan lingkungan tempat Anda berpijak, siapa tahu Anda bisa mendapat momen yang langka untuk diabadikan.

4. Edit Foto


Terakhir, tidak ada salahnya dalam mengedit foto. Karena foto yang bagus, tetap akan menghasilkan efek yang bagus pula. Namun, foto yang jelek, meski diedit ribuan kali, tetap saja tidak akan menghasilkan foto yang bagus.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu berlebihan dalam mengedit foto. Agar hasilnya tidak memperburuk foto asli.

Postingan Terkait